Headline

Jumat, 10 Februari 2012

Jadwal Pertandingan Sepakbola Live

Channel Hari, Jam Tanggal Pertandingan
MNCTV Sabtu, 15:30 WIB 11 Februari 2012 Arema Indonesia vs Bontang FC
Global TV Sabtu, 19:45 WIB 11 Februari 2012 Manchester United vs Liverpool
Global TV Sabtu, 22:00 WIB 11 Februari 2012 Everton vs Chelsea
MNCTV Sabtu, 22:00 WIB 11 Februari 2012 Sunderland vs Arsenal
TvOne Minggu, 00:00 WIB 12 Februari 2012 Racing Santander vs Atletico Madrid
Indosiar Minggu, 00:00 WIB 12 Februari 2012 Udinese vs Milan
MNCTV Minggu, 00:30 WIB 12 Februari 2012 Tottenham Hotspur vs Newcastle United
TvOne Minggu, 02:00 WIB 12 Februari 2012 Atletico Osasuna vs Barcelona
TvOne Minggu, 04:00 WIB 12 Februari 2012 Real Betis vs Athletic Bilbao
MNCTV Minggu, 15:30 WIB 12 Februari 2012 Persebaya vs Persema
TvOne Minggu, 22:00 WIB 12 Februari 2012 Malaga vs Mallorca
MNCTV Minggu, 23:00 WIB 12 Februari 2012 Aston Villa vs Manchester City
TvOne Senin, 00:00 WIB 13 Februari 2012 Valencia vs Sporting Gijon
TvOne Senin, 01:45 WIB 13 Februari 2012 Villarreal vs Granada
Indosiar Senin, 02:45 WIB 13 Februari 2012 Bologna vs Juventus
TvOne Senin, 03:30 WIB 13 Februari 2012 Real Madrid vs Levante
Global TV Senin, 19:00 WIB 13 Februari 2012 Persibo vs Persija
TvOne Selasa, 03:00 WIB 14 Februari 2012 Real Sociedad vs Sevilla

Arismunandar Dominan-Hasil Penyaringan Calon Rektor Universitas Negeri Makassar

 


Tahapan penyaringan calon rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2012–2016 digelar di Gedung Rektorat Kampus UNM Gunungsari, kemarin.

Hasilnya,calon incumbentProf Arismunandar meraih suara terbanyak. Dari 90 anggota senat UNM yang memilih, 81 di antaranya menjatuhkan pilihan kepada Arismunandar yang mencalonkan diri kedua kali.Dua penantangnya, yakni Karta Jayadi, Dekan Fakultas Seni dan Desain (FSD) UNM, hanya memperoleh delapan suara.Sementara Hj Hasmyati,Ketua Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) hanya mengantongi satu suara.

Sekretaris Panitia Penjaringan dan Pemilihan Rektor UNM Najamuddin mengungkapkan, hasil penyaringan dan pemeringkatan tersebut telah ditetapkan senat UNM. Selanjutnya akan dipilih dilaksanakan pemungutan suara yang melibatkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh. Dia menjelaskan, dalam waktu dekat ini panitia akan berangkat ke Jakarta menemui menteri untuk menyerahkan pemeringkatan dari penyaringan tersebut.

Panitia juga sekaligus melakukan audiensi untuk jadwal pemilihan tahap akhir yang dijadwalkan 7 Maret di UNM. “Namun, jadwal 7 Maret bisa berubah disesuaikan dengan kesiapan menteri hadir di UNM dalam pemilihan tahap akhir ini.Bisa saja pekan depan dilaksanakan kalau menteri sudah bersedia hadir di UNM,” ujar Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNM ini kepada SINDO,kemarin.

Najamuddin mengatakan, tahap pemilihan akan melibatkan menteri yang memiliki hak suara 35% dari 90 anggota senat yang ada di UNM. Dengan demikian, suara menteri turut menjadi penentu kemenangan dalam pilrek ini.Kendati demikian,hasil penyaringan ini akan menjadi pertimbangan bagi menteri dalam melihat arah dukungan mayoritas senat UNM.

Di sisi lain, Arismunandar yang meraih suara terbanyak pada penyaringan tersebut mengatakan, hasil itu membuktikan bahwa mayoritas anggota senat UNM masih memberikan kepercayaan kepada dia untuk kembali memimpin UNM empat tahun ke depan. Dia berharap hasil penyaringan yang dilakukan senat tersebut menjadi pertimbangan bagi menteri mengambil keputusan nanti.

Keputusan akhir rektor terpilih berada di tangan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. “Semua karena kepercayaan para senator, meskipun baru tahap penyaringan. Mudah- mudahan tahap pemilihan nanti suara Mendikbud juga mendukung hasil para senator,” ujar guru besar bidang manajemen pendidikan ini

SUMBER; Harian seputar Indonesia

RI Miliki Pesawat Kepresidenan

ImageIndonesia resmi memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat seri 737-800 Boeing Business Jet 2 (BBJ 2) yang dibeli langsung dari pabrik Boeing telah diserahterimakan pada 21 Januari 2012 di Amerika Serikat (AS).

Jika tidak ada aral melintang, pesawat itu akan mulai melayani tugas kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Agustus 2013. Sekretaris Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg) Lambock V Nahattands mengungkapkan, pemerintah telah melunasi pembayaran senilai USD58,6 juta atau Rp525,91 miliar kepada Boeing Company yang seluruhnya diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Namun dana sebesar itu baru untuk pembelian green aircraft atau pesawat kosong yang belum dilengkapi dengan interior dan sistem keamanan. Untuk pengerjaan interior kabin, pemerintah menganggarkan dana sebesar USD27 juta, sedangkan untuk sistem keamanan sebesar USD4,5 juta. Dengan demikian, total biaya yang dikeluarkan untuk membeli pesawat kepresidenan sebesar USD91 juta.

Namun, biaya interior kabin dan sistem keamanan itu masih bisa berubah,tergantung pada pemenang lelang. ”Saat ini dalam proses pelelangan yang pemenangnya diperkirakan akan ditentukan pada akhir Februari 2012. Pekerjaan interior kabin dan security system akan dimulai Mei 2012 dan diperkirakan selesai Agustus 2013,” jelas Lambock dalam keterangan pers di Gedung Sekretariat Negara Jakarta.

Saat ini pesawat kepresidenan masih berada di AS untuk proses pemasangan enam tangki bahan bakar. Proses selanjutnya adalah penyelesaian interior kabin dan pemasangan sistem keamanan. ”Semua itu dilakukan oleh completion center yang berpengalaman mengerjakan interior kabin dan security system pesawat VVIP.”

”Saat ini sedang dalam proses pelelangan yang dilakukan secara internasional dan pemenangnya diperkirakan akan ditentukan pada akhir Februari 2012,”ujarnya. Wakil Ketua Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) TB Hasanuddin mendukung keputusan pemerintah membeli pesawat kepresidenan. Menurut dia, untuk keperluan presiden memang sangat dibutuhkan pesawat yang bukan sewaan.

”Dari sisi anggaran, beli jauh lebih efisien daripada menyewa terus-menerus. Saya pernah mengalami saat di Sekmil. Kalau sewa dan terusmenerus setidaknya sebulan empat kali, maka sewa jauh lebih mahal,”katanya. Biaya itu, lanjut dia, belum termasuk untuk modifikasi yang harus disiapkan sebelum hari H pemakaian. Sebab, untuk kepergian presiden juga harus disiapkan untuk pengaturan tempat duduk serta keperluan lain, termasuk tempat istirahat.

Dari sisi keamanan, memiliki pesawat kepresidenan jauh lebih aman dibandingkan sewa. Selain perawatannya bisa dilakukan setiap saat, dengan status sebagai pesawat kepresidenan, pesawat tersebut akan dilengkapi dengan alat komunikasi khusus untuk standar presiden. ”Kalau nyewa kan tidak ada alat komunikasi karena tidak bisa dapat izin pemasangan. Padahal itu penting untuk seorang presiden. Masak terbang 17 jam tidak dapat informasi apa pun, kan lucu namanya,”jelas dia.

Lebih lanjut,politikus PDIP itu menyebut, sebagai bangsa besar Indonesia perlu menjaga dan menunjukkan marwahnya di hadapan bangsa lain. Ini terkait dengan harga diri yang semuanya harus bisa ditunjukkan oleh simbol negara.”Masak kita kalah sama Papua Nugini sih,”ujarnya. Untuk diketahui, Presiden RI selama ini lebih banyak menggunakan pesawat sewaan dari Garuda Indonesia.Selama menjabat presiden,SBY sering kali menggunakan jenis Airbus A330 milik Garuda Indonesia.

Presiden terdahulu pun melakukan hal yang sama.Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sering memakai Boeing Business Jet (BBJ) 737- 800 atau Boeing 707, sedangkan Megawati Soekarnoputri sering memakai MD-11 atau RJ-85 PAS. Berdasar data yang ada, Indonesia sebenarnya pernah mempunyai pesawat kepresidenan sendiri. Soekarno tercatat pernah memiliki tiga pesawat jetstar C-140.

Presiden RI pertama itu sebelumnya juga pernah memiliki pesawat Ilyushin II-14 yang merupakan hadiah dari Rusia. Namun pada era Soeharto, presiden terlama Indonesia itu lebih banyak menggunakan pesawat Garuda atau TNI. Soeharto pernah memanfaatkan pesawat DC-8 Garuda Indonesia, DC-10 Garuda Indonesia, C-130 Hercules TNI Angkatan Udara, helikopter SA- 330 Puma, atau SA 332 Super Puma TNI AU. Selain itu Soeharto pernah membeli Fokker 28 yang dioperasionalkan Pelita Air Service dan membeli Avro RJ-185 PAS.

Lebih Hemat dan Optimal

Keputusan membeli pesawat kepresidenan ditetapkan setelah melalui proses panjang sejak rapat kerja Sekretariat Negara dengan Komisi II DPR pada 31 Mei 2010. Walaupun sempat menimbulkan pro-kontra, DPR telah menyetujui pengadaan pesawat kepresidenan karena lebih efektif dan efisien dibandingkan menyewa dari Garuda Indonesia seperti yang dilakukan selama ini.

Lambock menjamin pembelian pesawat kepresidenan lebih hemat dibandingkan dengan menyewa. Dia menyebut, biaya sewa pesawat untuk presiden pada periode 2005 hingga 2009 adalah Rp813,794 miliar atau USD81,379 juta dengan kenaikan biaya sewa setiap tahun sebesar 10% atau USD8,137 juta. Adapun jika membeli pesawat dengan harga USD91 juta, biaya perawatan dan operasional selama 5 tahun sebesar USD36,5 juta.

Jika diperhitungkan depresiasi pesawat selama 5 tahun senilai USD10,423 juta dan nilai buku aset pesawat sebesar USD80,785 juta, penghematan yang dihasilkan senilai USD32,136 juta. Dengan asumsi usia pesawat mencapai 35 tahun sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan No 05 Tahun 2006 tentang usia pesawat yang diizinkan terbang di Indonesia adalah 35 tahun, Lambock menyebut penghematan yang bisa diperoleh sebesar USD388,546 juta dengan nilai buku aset pesawat sebesar USD2,6 juta.

Operasional pesawat khusus kepresidenan juga akan lebih optimal karena pesawat bisa siap selama 24 jam nonstop. Selain itu dukungan terhadap kegiatan VVIP menjadi optimal karena perlengkapan dan sistem komunikasi telah disesuaikan dengan kebutuhan VVIP. Lambock lantas menuturkan, perjanjian pembelian pesawat antara pemerintah dengan perusahaan Boeing telah dilakukan pada 27 Desember 2010.

Green Aircraft dibeli dengan harga USD58,6 juta setelah dua kali melalui proses penawaran. Skema pembayaran dilakukan selama tiga kali berturut-turut mulai tahun 2010 sampai tahun 2012. Ditambah dengan biaya administrasi, total harga pesawat kepresidenan BBJ 2 sebesar Rp526 miliar. Untuk pengadaan pesawat kepresidenan ini,Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) telah membentuk tim yang bertugas menyusun spesifikasi teknis serta kebutuhan anggaran untuk menjamin pesawat kepresidenan sesuai dengan pengamanan VVIP.

Tim terdiri atas unsur Kemensesneg, Sekretariat Militer Presiden, Mabes TNI Angkatan Udara (AU), dan Pasukan Pengamanan Presiden. Kriteria dan spesifikasi pesawat kepresidenan dimaksud antara lain mampu terbang selama 10–12 jam, mampu mendarat di bandara kecil, serta memiliki kapasitas sesuai rombongan kepresidenan yang berjumlah 70 orang.

sumber: seputar Indonesia

Planet Ini Sangat Mirip dengan Bumi

 

Para astronot tak hentinya mencari planet baru yang bisa dihuni manusia. Dan secercah harapan itu muncul saat sekelompok astronot menemukan sebuah planet. Dari penelitian awal, planet ini sangat berpeluang dihuni manusia. Sebab dia mirip bumi.
Dikutip dari laman Dailymail, planet yang terdeteksi lewat teleskop dari bumi itu, berbatu seperti laiknya bumi yang kita huni ini. Selain itu, dia juga mengorbit dengan 'zona hunian' dengan suhu yang cocok untuk keberadaan air di permukaan. Suhu permukaan bisa jadi mirip bumi.

"Planet baru ini kandidat terbaik yang menyediakan air, dan mungkin kehidupan," kata pemimpin penelitian ini, Guillem Anglada-Escudé.

Planet yang terdeteksi teleskop di European Southern Observatory ini memiliki bobot 4,5 kali bumi dan mengorbit pada satu bintang yang disebut GJ 667C dengan jarak 22 tahun cahaya dari bumi. Dalam konteks galaksi, dia tetangga kita.
Dikutip dari laman Telegraph, planet ini mengorbit pada bintangnya dengan periode 28,15 hari, hampir sama dengan bumi kepada matahari. Planet ini dinamai GJ 667Cc.

"Planet ini mengorbit di sistem tiga bintang. Tapi dua lainnya sangat jauh. Tapi, keduanya akan terlihat cantik di langit," kata  Steven Vogt, seorang profesor astronomi. Dua bintang lainnya hanyalah bintang kerdil berwarna oranye. Ada tiga planet yang mengorbit dekat bintang ini.

Selain itu, bintang ini memiliki susunan kimia yang berbeda dengan matahari dengan kandungan elemen berberat jenis lebih besar dari helium seperti besi, karbon, dan silikon. Keberadaan planet terbaru ini, menunjukkan bahwa galaksi kita penuh dengan miliaran planet berbatu yang berpotensi untuk dihuni manusia.

"Dengan kemunculan instrumen-instrumen generasi baru, ilmuwan dimampukan untuk meneliti bintang-bintang kerdil dengan planet-planetnya dan akhirnya menemukan tanda-tanda kehidupan di sana," tambah Anglada-Escudé.

GJ 667C sudah diketahui memiliki planet besar dekatnya tapi tidak pernah dipublikasikan. Saking dekatnya dengan bintang, planet itu diduga bersuhu terlalu panas untuk keberadaan air. Studi ini baru saja dimulai untuk mencari parameter orbital planet yang disebut super Bumi ini. Dia mengorbit dengan periode 75 hari.

Tim peneliti kemudian menemukan sinyal jelas mengenai keberadaan planet baru lainnya.
Sebelumnya, Teleskop Kepler menemukan lebih dari seratus planet yang besarnya seukuran Bumi. Penemuan tersebut terjadi pada 2010 setelah Kepler memindai langit untuk menemukan keberadaan planet yang mengorbit bintang.

Sumber : Viva news

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management