Headline

Selasa, 03 Januari 2012

Pemilihan Rektor UNM Sepi Peminat

MAKASSAR– Bursa pendaftaran bakal calon rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), sepi peminat. Hingga sehari jelang penutupan pendaftaran calon, Selasa (3/1), belum satupun kandidat yang mendaftar.

Padahal, berdasarkan hasil inventarisasi Panitia Penjaringan dan Pemilihan, sebanyak 127 orang dinyatakan memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai Rektor UNM periode 2012-2016. Sekretaris Panitia Penjaringan dan Pemilihan Najamuddin mengungkapkan, sejak dibukanya pendaftaran pada Kamis (29/12), belum ada kandidat yang mendaftar.

Sementara, kata dia syarat untuk melaksanakan Pemilihan Rektor (Pilrek) UNM, minimal tiga kandidat.Panitia telah menyampaikan pemberitahuan kepada 127 dosen di UNM yang memenuhi syarat diajukan sebagai bakal calon rektor. “Tapi, sampai siang ini belum ada yang datang mendaftar. Belum ada juga yang konfirmasi mau datang,” kata Najamuddin yang juga ketua Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNM,kemarin.

Olehnya, kata dia panitia telah membuat skema kemungkinan memperpanjang jadwal jika sampai hari terakhir pendaftaran, kuota tiga calon tidak terpenuhi.Panitia akan memperpanjang masa pendaftaran Kamis (5/1). Terpisah,Rektor UNM Prof Dr Arismunandar MPd memastikan dirinya akan kembali mencalonkan diri sebagai rektor periode 2012-2016. Dia mengatakan, masih ada waktu sehari untuk mendaftarkan diri. “Besok (hari ini) saya akan mendaftar. Nanti kita akan lihat,”kata incumbentini.

Aris munandar yakin, akan ada tiga pendaftar yang akan mencalonkan diri sebagaimana yang dipersyaratkan.“Mudahmudahan cukup tiga orang yang mendaftar. Kita berpikir positif saja,”kata guru besar pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) ini. Selain Arismunandar,beberapa kandidat lainnya yang disebut- sebut bakal bersaing merebut kursi rektor adalah Karta Jayadi (dekan FSD),Hamzah Upu (dekan FMIPA), Mansyur Akil (mantan dekan FBS),serta Amin Rasyid (mantan dekan FBS).

Ramli Umar yang pernah mencalonkan diri sebagai rektor UNM pada 2007 lalu mengungkapkan, masih harus berpikir ulang jika ingin kembali maju menghadapi mantan pesaingnya.Menurutnya, kali ini berbeda dengan pilrek lalu dimana incumbent sudah tidak mencalonkan diri karena memasuki masa pensiun. Halsenadajugadisampaikan anggota senat UNM lainnya Hasnawi Haris. Menurut dia, Arismunandar masih berpeluang besar kembali menduduki jabatan paling wahid di kampus jaket oranye ini.Sejak menjabat sebagai rektor menunjukkan kerja nyata.

Salah satu yang paling monumental adalah Menara Phinisi berlantai 17 yang sementara dalam perampungan. Untuk diketahui pemilihan rektor akan dilaksanakan pada 7 Maret mendatang. Rektor akan dipilih oleh 93 anggota senat univesitas. ●syamsu rizal 

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management