Headline

Kamis, 29 Desember 2011

Jalan Kaki 15 Menit Cukup untuk Imbangi Ngemil Cokelat

Pada penggemar cokelat sering tidak bisa kerja kalau tidak ngemil makanan tersebut. Agar kalorinya tidak bikin gemuk, jalan kaki 15 menit tiap hari sudah cukup untuk menetralkan efek dari setengah porsi cokelat yang dikonsumsi tiap hari.

Sebuah penelitian di University of Exeter mengungkap, jalan kaki bisa membakar kalori dalam jumlah yang setara dengan 15-28 gram cokelat. Pembakaran kalori sebesar itu sudah cukup untuk mencegah terjadinya penumpukan cadangan energi, yang disimpan sebagai lemak.

"Orang sering berpikir bahwa snack dan cokelat bisa meningkatkan tenaga dan mengatasi jenuh saat bekerja, makanya sulit untuk tidak ngemil," kata Prof Adrian Taylor yang memimpin penelitian tersebut, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (8/12/2011).

Dalam penelitian tersbeut, Prof Taylor melakukan pengamatan terhadap 78 penggemar cokelat yang selalu ngemil makanan tersebut saat sedang bekerja. Sebagian diimbangi olahraga ringan misalnya jalan kaki meski hanya 15 menit, sebagian lagi sangat jarang bergerak.

Kesimpulan pertama yang ditarik dari pengamatan itu adalah, tidak ada hubungan antara porsi cokelat yang dikonsumsi dengan tingkat stres atau kesulitan dalam bekerja. Seseorang yang tidak sedang stres bisa saja makan cokelat lebih banyak dibanding yang sedang stres.

Selanjutnya pada kesimpulan yabng kedua, Prof Taylor mendapati bahwa partisipan yang sering bergerak lebih sedikit mengalami peningkatan berat badan. Tidak harus olahraga berat, dalam penelitian ini jalan kaki selama 15 menit sudah cukup untuk memberikan efek yang signifikan.

Selain mencegah terbentuknya timbunan lemak, aktivitas fisik atau olahraga juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Makin sering jantung dilatih untuk bergerak, makin kuat pula organ tersebut dalam memompa darah sehingga tidak mudah kena serangan jantung.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management